McEasy Memantau Perilaku Sopir Saat Berkendara

McEasy Memantau Perilaku Sopir Saat Berkendara
McEasy. Foto dok McEasy

jpnn.com, JAKARTA - Founder, Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan salah satu investasi yang wajib dilakukan oleh perusahaan di bidang logistik dan transportasi adalah menggunakan teknologi, sebagai solusi pemantauan keselamatan dan keterampilan pengemudi di jalan.

Pasalnya, investasi dalam bidang teknologi ini menjadi bagian preventif dan antisipatif selain training teknik mengemudi yang diberikan oleh perusahaan secara teratur.

Armada bus pariwisata Pesona Transport Service milik influencer otomotif asal Semarang, Muhammad Abdul Wahid, telah memanfaatkan teknologi untuk memonitor pengemudinya.

McEasy merupakan startup di bidang transportasi dan logistik yang memiliki Vehicle Smart Management System untuk memantau keterampilan pengemudi.

“Saya tidak bisa berada di samping sopir setiap saat. Karenanya, saya menggunakan fitur yang dikembangkan McEasy untuk memonitor sopir ketika di jalan. Fitur ini memberikan laporan real-time tentang sopir mana yang membutuhkan atensi khusus, seperti driver mana yang tendensinya melebihi kecepatan maksimal, driver mana yang suka rem mendadak atau driver mana yang paling boros BBM,” ujar Wahid.

Digitalisasi armada kendaraan niaga membawa dampak positif. Menurut Wahid, meski armada bus pariwisatanya terhitung masih sedikit, digitalisasi adalah kunci untuk berkembang.

“Banyak pelaku industri logistik dan transportasi yang melihat digitalisasi adalah sesuatu yang berat. Dulu saya adalah salah satunya. Tetapi, begitu telah terdigitalisasi, manajemen armada bus jadi terasa lebih ringan. Hampir seluruh proses manajemen telah terotomasi – mulai dari sistem reminder untuk perpanjang pajak kendaraan, KIR kendaraan, SIM pengemudi hingga pemantauan cara para sopir berkendara menjaga keselamatan di perjalanan,” seru Wahid.

Hendrik Ekowaluyo, Co-founder, McEasy menuturkan berkaitan dengan mulai diberlakukannya tilang elektronik, fitur Driving Behaviour yang menjadi bagian Vehicle Smart Management System mampu memonitor perilaku berkendara.

McEasy merupakan startup di bidang transportasi dan logistik yang memiliki Vehicle Smart Management System untuk memantau keterampilan pengemudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News