Media Sosial X Ditengarai Merugi Puluhan Juta Dolar AS Gegara Ini

Media Sosial X Ditengarai Merugi Puluhan Juta Dolar AS Gegara Ini
Media sosial X. Foto: Livia Kristianti/Antara

jpnn.com - Media sosial X diperkirakan mengalami kerugian lebih dari USD 70 juta pada akhir 2023, karena banyak para pengiklan menarik diri.

Salah satu faktor yang membuat para pengiklan itu tak lagi memasang promosi produknya di X, karena banyaknya kontroversi seusai platform tersebut diakuisisi oleh Elon Musk.

Diperkirakan X akan merugi hingga USD 75 juta, karena berbagai pengiklan besar telah menarik diri dari platform berlogo "X" itu.

Lebih dari 200 unit perusahaan iklan yang sementara ini tak lagi mengiklan di X beberapa di antaranya Airbnb, Amazon, Coca-cola, dan Microsoft.

Hal itu juga tercermin dari laporan penurunan pendapatan dari X, secara global diketahui penurunan iklan terjadi sebesar 54 persen, sedangkan secara khusus untuk di AS penurunan pendapatan iklan mencapai hingga 60 persen.

Selain kontroversi dari sisi perubahan eksekutif, faktor lainnya yang menimbulkan penurunan iklan di X ialah standar moderasi di platform.

Perusahaan analisis bisnis Insider Intelligence memperkirakan X akan menghasilkan pendapatan iklan sebesar USD 1,89 miliar pada 2023 dan angka tersebut turun hingga 54 persen dibanding 2022. Angka tersebut dinilai mendekati level pendapatan pada 2015.

Elon Musk yang kini berperan sebagai pemilik X juga mengaku bahwa perusahaannya kehilangan sekitar setengah pendapatan dari iklan, meski begitu dia mengeklaim situasi tersebut tercipta karena perseroan terus menghadapi beban utang yang besar. (gizchina/ant/jpnn)


Media sosial X diperkirakan mengalami kerugian lebih dari USD 70 juta pada akhir 2023, karena banyak para pengiklan menarik diri.


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News