Rabu, 12 Desember 2018 – 05:22 WIB

Meditasi Cara Jitu Atasi Kesehatan Mental

Senin, 03 Desember 2018 – 08:41 WIB
Meditasi Cara Jitu Atasi Kesehatan Mental - JPNN.COM

Ilustrasi. Meditasi. Foto IST

jpnn.com - Meditasi adalah aktivitas yang dilakukan dengan duduk diam, memusatkan pikiran dan perasaan. Pada kondisi yang penuh ketenangan ini, kegiatan meditasi mampu mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan mental Anda.

Menurut lembaga American Heart Association (AHA), meditasi bisa menjadi terapi tambahan bagi pasien hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebab, meditasi juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Mengenai hal ini, dr. Nadia Octavia dari KlikDokter memberikan penjelasan.

“Bagi Anda yang menderita kanker atau dalam pengaruh efek samping dari obat-obatan kanker, meditasi sangat dianjurkan untuk dilakukan karena dapat membantu mengurangi rasa cemas, stres, kelelahan, gangguan mood hingga gangguan tidur,” ucapnya. Bahkan untuk melepaskan diri dari ketergantungan merokok, meditasi juga bisa diandalkan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Drug and Alcohol Dependence pada 2013, meditasi yang dilakukan selama dua minggu (dengan total lima jam) terbukti mampu menekan keinginan untuk merokok hingga akhirnya terbebas dari kebiasaan tersebut.

Meditasi untuk menjaga kesehatan mental

Saat melakukan meditasi, Anda akan berpikir secara mendalam atau fokus pada suatu hal dalam jangka waktu tertentu. Meski ada banyak bentuk meditasi, tujuan utamanya adalah menumbuhkan perasaan relaksasi dan kedamaian batin, yang bisa meningkatkan kesehatan mental.

Kini semakin banyak penelitian yang mendukung kebaikan meditasi untuk menjaga kesehatan mental. Berdasarkan ulasan JAMA Internal Medicine, para peneliti meninjau lebih dari 18.000 studi ilmiah yang mengamati hubungan antara meditasi, depresi dan kecemasan.

Setelah mengkaji, para peneliti lantas menemukan bahwa program meditasi yang dilakukan dengan penuh kesadaran selama 8 minggu berturut-turut terbukti dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar