Megawati: Terus Suarakan Setop Perang, Pelucutan Senjata Pemusnah Massal

Megawati: Terus Suarakan Setop Perang, Pelucutan Senjata Pemusnah Massal
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan secara virtual dalam acara 'Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective' di Gedung ANRI, Jakarta, Senin (7-11-2022). ANTARA/HO-DPP PDI Perjuangan.

jpnn.com - JAKARTA - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh negara-negara nonblok untuk tidak pernah lelah berjuang menyerukan setop perang dan pelucutan senjata pemusnah massal.

Dia mengatakan hal tersebut melihat perkembangan global akhir-akhir ini yang menimbulkan kekhawatiran penggunaan senjata pemusnah massal.

"Tentu, sebagai penggagas gerakan nonblok, peran Indonesia wajib menghalangi segala gerakan persenjataan oleh negara-negara lain," ujar Megawati.

Dia menyatakan pandangannya saat memberi sambutan secara virtual pada acara Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective di Gedung ANRI, Jakarta, Senin (7/11).

"Kalau sekarang kan semua orang mengatakan hak asasi manusia, itu sangat betul lho. Makanya, itu harus diingatkan terus hak asasi manusia itu, di Indonesia sudah ada perikemanusiaan," ucapnya.

Megawati lantas mengungkit sejumlah perang yang mesti dicegah.

Antara lain, perang asimetris, proxy war, perang dagang, perang persenjataan dan perang hegemoni.

Dia menilai perang memiliki potensi eskalasi dengan cepat dan mengkhawatirkan semua negara.

Megawati mengajak seluruh negara-negara nonblok tidak pernah lelah untuk berjuang menyerukan setop perang dan pelucutan senjata pemusnah massal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News