Mei, PLTU Nagan Raya Dioperasikan

Mei, PLTU Nagan Raya Dioperasikan
Mei, PLTU Nagan Raya Dioperasikan

jpnn.com - BANDA ACEH - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Dahlan Iskan, menyebutkan, Mei mendatang, mesin unit satu Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Nagan Raya akan dioperasikan.  Dan diusahakan, Aceh akan bebas pemadaman listrik.

Hal itu ditegaskan mantan Dirut PT PLN itu saat menghadiri zikir akbar Pemilu Damai diselenggarakan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), di Pesantren Thalibul Huda, Darul Imarah, Aceh Besar, Jumat (28/3).

“Untuk unit satu akan dioperasikan bulan depan. Saat ini masih dalam persiapan pengoperasiannya,” ujar Dahlan Iskan.

Dahlan Iskan mengatakan, secara teknis mesin tersebut telah menghasilkan tenaga listrik. Namun demikian, kondisinya masih belum stabil dan butuh perbaikan di beberapa bagian.

“Sebenarnya sudah mengahasilkan tenaga listrik, tapi saat dihidupakan masih sering on-off dan harus diperbaiki lagi,” terang Dahlan.

Disebutkan, total tenaga listrik yang sudah dihasilkan oleh oleh unit satu PLTU Nagan Raya saat ini sudah mencapai 50 persen atau sekitar 50 mega watt dari total 100 mega watt. Semetara jika kedua unit mesin tersebut diaktifkan, sebut Dahlan, maka akan menghasilkan tenaga listrik sebesar 200 mega watt.

“Sangat besar tenaga yang dihasilkan nantinya. Tapi untuk tahap pertama akan diaktifkan unit satu dulu dan tiga bulan mendatang akan diaktifkan unit duanya,” beber Dahlan.

Terkait dengan krisis listrik di Aceh dalam beberapa bulan terakhir, Dahlan mengatakan, dirinya akan melakukan pertemuan dengan pihak PLN, untuk menanyakan permasalahan tersebut. Kata dia, seharusnya, tidak ada alasan lagi terjadi krisis listrik di Aceh menginggat di beberapa kabupaten/Kota telah dibangun mesin pembangkit listrik.

BANDA ACEH - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Dahlan Iskan, menyebutkan, Mei mendatang, mesin unit satu Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News