Melalui Webinar Kolokium, Untag Surabaya Bagikan Tips Menulis Jurnal dan Karya Tulis Ilmiah

Melalui Webinar Kolokium, Untag Surabaya Bagikan Tips Menulis Jurnal dan Karya Tulis Ilmiah
Webinar kolokium membahas tentang 'Academic Writing Tools dan Research Gap and Novelty: Bibliometric VOSviewer'. Foto:Humas Untag Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Universitas 17 Agustus 1945 atau Untag Surabaya menggelar webinar kolokium membahas tentang 'Academic Writing Tools dan Research Gap and Novelty: Bibliometric VOSviewer'.

Webinar itu menghadirkan pemateri ahli di bidangnya masing-masing, Sabtu (10/7).

Pemateri pertama Andi Indrawati dari Untag Samarinda menyebut bahwa VOSviewer digunakan untuk memvisualisasikan bibliografi atau data set yang terisi field bibliografi. Di antaranya seperti judul, pengarang, penulis, jurnal, dan lain sebagainya.

Selain itu, di dalam dunia penelitian, VOSviewer juga digunakan untuk menganalisa bibliometrik, mencari topik yang memungkinkan masih ada peluang untuk diteliti.

"Bisa juga untuk mencari referensi, baik yang sudah digunakan atau belum digunakan dengan cara mapping artikel," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (11/7).

Supangat selaku pengisi materi lainnya menyampaikan, terdapat beberapa tools yang sangat bermanfaat dan memberi banyak kemudahan dalam dunia penulisan karya ilmiah.

Menurut dia, tools berbasis website seperti Jurnal Guide akan memudahkan dalam menemukan jurnal yang berkaitan dengan objek yang akan diteliti.

"Ada juga Quillbot yang sangat membantu kita dalam melakukan parafrase penulisan ilmiah. Hal ini supaya tidak terdeteksi aspek plagiatnya," ujar kandidat PhD UTHM Malaysia tersebut.

Dalam webinar tersebut Untag Surabaya membagikan tips menulis jurnal dan karya tulis ilmiah, simak informasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News