Melayani Pemudik Jawa-Sumatra, Kemenhub Menyiapkan 66 Kapal

Melayani Pemudik Jawa-Sumatra, Kemenhub Menyiapkan 66 Kapal
Sebuah kapal bersandar di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/3/2024). ANTARA/Muzdaffar Fauzan

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 66 kapal untuk melayani kebutuhan pemudik yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatra melalui tiga pelabuhan, yakni Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara.

"Total kapal yang beroperasi ada 50 kapal yang ada di Pelabuhan Merak, 11 kapal yang ada di Pelabuhan Ciwandan, dan kemudian lima kapal yang ada di Pelabuhan BBJ Bojonegara," kata Kepala Seksi Sarana Jalan, Sungai, dan Penyebrangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten Ihwan Prihanto dalam diskusi di Cilegon, Banten, Selasa (26/3).

Menurut Ihwan, pada H-7 Lebaran, pihaknya akan mulai mengoperasikan kapal penyeberangan dengan kapasitas yang besar di Pelabuhan Merak.

Hal tersebut dapat meningkatkan kelancaran arus dan kenyamanan bagi pemudik yang hendak menggunakan jasa kapal laut.

Sementara, untuk di Pelabuhan Ciwandan, dari 11 kapal yang dioperasikan, empat di antaranya mempunyai kapasitas yang besar. Kapal tersebut akan diprioritaskan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Dari 11 kapal tersebut kami menggunakan empat kapal dengan kapal yang mempunyai kapasitas besar yang nanti akan kami prioritaskan untuk kendaraan dua dan beberapa kendaraan golongan 6B dan 7," ungkap Ihwan.

Di sisi lain, General Manager PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak Suharto menyampaikan prediksi peak season atau puncak arus pada mudik Lebaran tahun ini terjadi pada H-4 dan H-2, dengan total kendaraan keluar diprediksi 27 ribu.

"Puncak periode Lebaran 2024, yaitu di H-3 dengan lonjakan signifikan terjadi di H-4 sampai H-3 dengan total produksi ekuivalen kendaraan keluar 27.032 kendaraan," ujarnya.

Kemenhub menyiapkan 66 kapal untuk melayani kebutuhan pemudik yang akan menyeberang dari Jawa ke Sumatra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News