Melihat Budi Daya Mutiara secara Alami di Teluk Nara, Lombok Barat

Semakin Berkilau, Harga Bisa Rp 59 Juta Per Biji

Melihat Budi Daya Mutiara secara Alami di Teluk Nara, Lombok Barat
Ceko di tempat pembudidayaan kerang mutiara di Teluk Nara, Lombok Barat. Foto : Boy Slamet/Jawa Pos
Mutiara dari Lombok Barat termasuk yang paling elok di Indonesia. Sebab, mutiara dari Teluk Nara dibudidayakan secara alami. Banyak investor asing yang tertarik menanamkan modal di industri itu.

 

 AGUNG PUTU ISKANDAR, Lombok Barat

 

KEINDAHAN Teluk Nara mulai terlihat ketika matahari menyembul dari balik cakrawala kemarin pagi (2/4). Di tengah air laut yang tenang, ratusan bola pelampung berwarna biru dan hitam mengapung di sepetak keramba yang "berenang" 100 meter dari bibir pantai. Di bawah pelampung-pelampung itulah ratusan indukan kerang dari jenis Pinctada maxima diikat dalam jaring-jaring khusus.

 

Setelah 40 hari dirawat di bak-bak khusus dalam laboratorium, kerang-kerang penghasil mutiara itu memang harus "ditanam" di laut lepas. Biasanya di kedalaman 5 meter atau 10 meter jika laut sedang kotor. Di situlah kerang-kerang tersebut dibiarkan hidup dan tumbuh dengan makanan plankton-plankton yang ada.

 

Mutiara dari Lombok Barat termasuk yang paling elok di Indonesia. Sebab, mutiara dari Teluk Nara dibudidayakan secara alami. Banyak investor asing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News