Memahami Masalah Libido Seksual Perempuan Paruh Baya

Memahami Masalah Libido Seksual Perempuan Paruh Baya
Memahami Masalah Libido Seksual Perempuan Paruh Baya

Bagi kaum perempuan yang merasa seakan-akan orang lain sibuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya sedangkan Anda hanya terduduk sendirian menonton TV, Anda bukanlah satu-satunya yang merasa seperti itu.

Rendahnya keinginan seksual merupakan masalah umum yang didapati di kalangan perempuan pada titik tertentu dalam hidup mereka.

Meskipun sulit mengetahui seberapa banyak perempuan yang mengalami libido rendah, tampaknya hal ini lebih umum daripada anggapan sebelumnya.

Di Australia misalnya, hampir 70 persen perempuan berusia 40-65 tahun dilaporkan mengalami rendahnya libido seksual dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine.

Penulis mencatat angka ini "lebih tinggi" daripada perkiraan studi sebelumnya, yang menggunakan perbedaan metode survei.

Pada studi tahun 2017, rendahnya libido ditetapkan dengan angka tidak lebih dari 5,0 pada domain keinginan dari Female Sexual Function Index (FSFI), kuisioner tertulis yang telah divalidasi untuk digunakan dalam penelitian. Kuisioner ini menanyakan tentang perasaan seksual dalam empat pekan terakhir.

Penulis utama laporan ini Dr Rosie Worsely dari Program Penelitian Kesehatan Wanita Universitas Monash terkejut dengan temuan tersebut.

"Kami tahu dari penelitan sebelumnya kalau hal ini masalah umum, tapi angka yang besar terlihat," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News