Memanipulasi Keinginan Menggaruk Gatal dengan Cermin

Memanipulasi Keinginan Menggaruk Gatal dengan Cermin
Memanipulasi Keinginan Menggaruk Gatal dengan Cermin

jpnn.com - MENGGARUK kulit yang sedang terasa gatal memang tidak dianjurkan. Selain bisa memicu iritasi, pada kondisi tertentu garukan pada bagian yang gatal bisa memperparah kondisi dan memicu infeksi.

Jika tersedia bedak anti gatal dan bagian yang terasa gatal memungkinkan untuk ditaburi bedak, mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah. Lain halnya jika yang gatal adalah bekas luka yang belum benar-benar kering, sehingga menaburkan bedak tentu tidak mudah.

Lantas bagaimana untuk menghilangkan gatal? Nah, hasil penelitisn di Jerman ini mungkin bisa diterapkan.

Para ilmuwan di Jerman menemukan bahwa persepsi otak terhadap rasa gatal bisa dimanipulasi. Gatal bisa dihilangkan tanpa harus menggaruk permukaan kulit yang merasakannya, ataupun menaburkan bedak anti gatal di tempat tersebut. Caranya cukup dengan cermin. "Cermin bisa memberikan alternatif cara untuk meredakan gatal," kata para peneliti seperti dilansir laman Daily Mail baru-baru ini.

Untuk membuktikan hal itu, para ilmuwan dari University of Lubeck di Jerman menyuntikkan senyawa histamin atau pemicu gatal di salah satu lengan para relawan. Suntikan itu memicu ruam dan gatal di salah satu lengan. Agar mirip, lengan yang satunya dilukis agar tampak seperti ada ruam.

Pada percobaan pertama, ilmuwan menggaruk lengan relawan yang tidak terasa gatal. Tidak ada efek, sementara saat ilmuwan menggaruk lengan yang gatal maka rasa gatalnya sedikit mereda. Artinya, garukan cukup efektif meredakan rasa gatal.

Percobaan kedua dilakukan dengan meletakkan cermin di antara kedua lengan. Para relawan dilarang melihat langsung lengan yang gatal, tetapi hanya boleh melihat pantulan lengan yang tidak gatal melalui cermin.

Para ilmuwan pun menggaruk lengan yang tidak gatal, sementara para relawan memperhatikan pantulannya di cermin sambil membayangkan bahwa bayangan tersebut adalah lengan yang terasa gatal. Ajaib, para relawan mengaku gatal yang dirasakannya berkurang.

MENGGARUK kulit yang sedang terasa gatal memang tidak dianjurkan. Selain bisa memicu iritasi, pada kondisi tertentu garukan pada bagian yang gatal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News