Membedah Buku di UIN, BPIP: Nilai Universal Pancasila untuk Generasi Muda

Membedah Buku di UIN, BPIP: Nilai Universal Pancasila untuk Generasi Muda
Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D bersama Rektor UIN Syarif Hidayatullah Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A. Ph.D pada acara kuliah umum dan bedah buku 'Pancasila dari Indonesia untuk Dunia' pada kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Banten, Kamis (16/5). Foto: Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Kuliah Umum Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Bedah Buku 'Pancasila dari Indonesia untuk Dunia' pada Kamis (16/5) di Ciputat, Banten.

Kuliah Umum yang diadakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah ini merupakan upaya BPIP untuk terus mengenalkan Pancasila sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Buku yang akan kami bahas hari ini adalah terbitan BPIP yang mengulas kontribusi Pancasila global, termasuk pidato "To Build The World Anew" oleh Ir. Sukarno di PBB pada 30 September 1960. Pidato ini diabadikan oleh UNESCO dalam Memory of The World, menegaskan pengakuan global terhadap nilai-nilai Pancasila,” ungkap Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D.

Tidak hanya Bedah Buku, BPIP juga aktif dalam mengedukasi masyarakat Indonesia tentang Pancasila terutama kepada generasi muda di sekolah, kampus, dan pesantren.

"BPIP terus berikhtiar untuk menyosialisasikan Pancasila kepada generasi muda, khususnya adik-adik mahasiswa,” ujar Yudian Wahyudi.

Keynote Speech dari Bedah Buku 'Pancasila dari Indonesia untuk Dunia' tersebut diisi oleh Dewan Pakar BPIP Prof. Dr. Ermaya Suradinata.

Menurut Ermaya, buku 'Pancasila dari Indonesia untuk Dunia' yang digagas oleh Kepala BPIP menjelaskan lebih rinci pada bahwasanya, ruh semua manusia bangsa Indonesia adalah Pancasila.

“Dengan kerja sama yang terjalin antara BPIP dan UIN Syarif Hidayatullah, Kita terus dorong Pancasila,” ujar Ermaya.

BPIP menyelenggarakan Kuliah Umum Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Bedah Buku 'Pancasila dari Indonesia untuk Dunia' pada Kamis (16/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News