JPNN.com

Membiarkan Warga Terjangkiti Bisa Jadi Cara Efektif Tangani Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 – 21:32 WIB Membiarkan Warga Terjangkiti Bisa Jadi Cara Efektif Tangani Virus Corona - JPNN.com
Beberapa pemerintahan di Eropa, termasuk Inggris dan Belanda sudah membicarakan menciptakan kekebalan massal guna memerangi virus corona. (Reuters: Athit Perawongmetha)

Beberapa pemerintah di Eropa, termasuk Inggris dan Belanda, yang sedang menangani penyebaran virus corona mengatakan sedang membicarakan kemungkinan cara ketiga untuk menghentikan penyebaran.

Sekarang ini yang sudah dilakukan adalah 'social distancing', meminta warga untuk menjaga jarak saat satu sama lain. Cara lainny adalah dengan memberlakukan 'lockdown'.

Allternatif ketiga yang disebut sebagai pilihan terakhir adalah membiarkan warga terkena virus tersebut sehingga akan menciptakan "kekebalan massal".

Dalam istilah ilmiah, pendekatan ini disebut 'herd immunity' yang diperkirakan bisa menghentikan penyebaran virus guna mencegah korban lebih besar.

Pendekatan 'herd immunity' sudah disampaikan oleh Sir Patrick Vallance, penasehat utama bidang sains pemerintah Inggris.

Dalam wawancara tanggal 13 Maret lalu, Sir Patrick mengatakan salah satu hal penting yang bisa diilakukan Inggris adalah membangun kekebalan massal.

"Dengan banyak warga yang kebal terhadap virus tersebut, warga tidak bisa menyebarkan lagi," kata Sir Patrick Valllance.

Swedia dilaporkan tidak lagi mengeluarkan laporan mengenai tingkat penyebaran di negaranya, hanya melakukan tes terhadap staf rumah sakit dan kelompok yang beresiko tinggi.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...