Memburu Badak, Yang Keluar Leopard

Memburu Badak, Yang Keluar Leopard
Memburu Badak, Yang Keluar Leopard
Di sela meliput Piala Dunia di Afrika Selatan, 11 Juni-12 Juli lalu, wartawan Jawa Pos mengunjungi Kruger National Park. Begitu luasnya, pengunjung dijamin tidak bisa menyusuri seluruh Taman Safarinya Afrika Selatan itu hanya dalam satu-dua hari perjalanan.

KURNIAWAN M.-DANY N.S., Nelspruit

Letak Taman Nasional Kruger (TNK) sekitar lima jam perjalanan darat dari Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan. Posisinya di Provinsi Mpumalanga dan Limpopo, sisi timur negara Nelson Mandela itu. Tidak terlalu berlebihan jika TNK disebut sebagai taman safari terbesar di dunia. Sebab, luasnya mencapai 19.486 km persegi. Luas itu hampir sama dengan luas Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) yang mencapai 20.153 km persegi.

Saking luasnya areal TNK, tidak heran bila lokasinya sampai berada di dua provinsi sekaligus (Mpumalanga dan Limpopo). TNK berbatasan langsung dengan Zimbabwe di sebelah utara dan Mozambik di sebelah timur. Dari pintu kedua negara itu, pengunjung juga bisa masuk ke TNK. Sedangkan dari Afsel, ada sembilan pintu masuk yang bisa dipilih. Yakni, Paul Kruger Gate, Phabeni, Numbi, Malelane, Crocodile Bridge, Orpen, Phalaborwa, Punda Maria, dan Pafuri. Pintu-pintu itu dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 dan ditutup pukul 18.00.

Di sela meliput Piala Dunia di Afrika Selatan, 11 Juni-12 Juli lalu, wartawan Jawa Pos mengunjungi Kruger National Park. Begitu luasnya, pengunjung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News