JPNN.com

Meminimalisir Kejahatan Siber, Berikut Cara Aman Bermain Media Sosial

Kamis, 29 Agustus 2019 – 22:38 WIB Meminimalisir Kejahatan Siber, Berikut Cara Aman Bermain Media Sosial - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Meminimalisir kejahatan siber, ada baiknya sebagai pengguna media sosial lebih perhatian ketika berselancar di dunia maya atau aktivitas pribadi.

Salah satunya yang paling populer ialah Facebook. Memahami setelan akun media sosial pribadi adalah kuncinya.

"Kami mendorong orang-orang untuk mengecek setelan privasi mereka.Pahami panduan dan alat-alat yang disediakan platform agar akun tetap terjaga dan terlindungi," ungkap Privacy and Public Policy Manager Facebook Asia Pasifik, Arianne Jimenez, di Jakarta.

Arianne Jimenez berbagi tips atau langkah-langkah efektif menjaga keamanan akun media sosial.

1. Pakai kata kunci berbeda dan kuat

Usahakan tidak menggunakan password atau kata kunci yang sama untuk beberapa akun di dunia maya, termasuk akun email dan media sosial. Buat kata kunci minimal enam karakter dan sulit ditebak, jangan gunakan nama atau identitas.

Facebook menyarankan untuk menggunakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca. Setelah itu, jangan pernah membagikan kata kunci kepada siapa pun.

2. Cek alamat situs

Luangkan waktu untuk mengecek situs URL yang akan dibuka, pelaku kejahatan siber sering kali membuat website palsu dengan alamat yang mirip dengan situs resmi.

3. Jangan malas 'Log Out'

Selalu keluar atau log out setiap kali selesai menggunakan Facebook, terutama jika menggunakan komputer bersama. Jika lupa atau tidak yakin sudah log out, pengguna bisa keluar dari jarak jauh melalui pengaturan keamanan di fitur Setting.

Pilih opsi "di mana Anda masuk" dan klik "keluar" untuk log out dari Facebook di perangkat yang tidak dipakai.

4. Selektif berteman

Jika tidak yakin, jangan terima permintaan pertemanan, friend request, dari orang yang tidak dikenal. Pelaku kejahatan internet sering membuat akun palsu untuk berteman dengan korban.

5. Waspada dengan perangkat lunak

Perbarui peramban (browser) secara berkala dan hapus aplikasi yang mencurigakan.

6. Jangan asal klik

Meski pun menerima tautan atau link dari teman, jangan klik jika merasa tautan tersebut mencurigakan.

7. Pakai fitur keamanan tambahan

Aktifkan verifikasi dua langkah, two-factor authentication untuk login ke Facebook. Setelah mengaktifkan fitur ini, penggguna akan mendapat verifikasi tambahan saat login misalnya berupa kode yang dikirimkan melalui SMS. (ant/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...