Menag Curigai Usulan IPHI

Pembentukan Badan Khusus Penyelanggara Haji Rawan Dikomersialkan

Menag Curigai Usulan IPHI
Menag Curigai Usulan IPHI
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengaku khawatir adanya komersialisasi penyelenggaraan haji jika nanti ditangani oleh badan khusus. Kekhawatiran Menag itu sebagai respon atas usulan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), tentang perlunya pe,bentukan badan khusus penyelenggara ibadah haji.

"Terus terang, saya khawatir jika usulan pembentukan badan haji, dan juga usulan moratorium pendaftaraan haji tersebut nantinya akan menjadi media untuk komersialisasi haji," terang Menag di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Senin (6/2).

Menteri yang juga Ketua Umum PPP itu tak mempersoalkan jika prosedur penyelenggaraan haji yang dilakukan pemerintah selama ini memang dinilai salah. Namun ia tak sependapat jika proses pendaftaran haji dihentikan dan dananya dikembalikan.

"Jika kita (pemerintah) salah, okelah kita stop dan kita kembalikan semuanya. Dan kembali ke nol semua. Nah, apakah itu akan lebih baik? Jangan-jangan usulan ini adalah usulan yang berbau ingin mengkomersialisasikan haji," imbuhnya.

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengaku khawatir adanya komersialisasi penyelenggaraan haji jika nanti ditangani oleh badan khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News