Menag: Pembagian Kondom Seolah-olah Melegalisir Paham Seks Bebas

Menag: Pembagian Kondom Seolah-olah Melegalisir Paham Seks Bebas
Menag: Pembagian Kondom Seolah-olah Melegalisir Paham Seks Bebas

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Agama Suryadharma Ali ikut mengkritisi adanya pembagian kondom gratis dalam acara pekan kondom nasional. Menurut pria yang akrab disapa SDA tersebut, pembagian kondom gratis secara tidak langsung dapat diartikan menyetujui dan memfasilitasi seks bebas.

"Oleh karena itu, kampanye anti AIDS dengan menyebarkan atau membagikan kondom merupakan sesuatu yang kurang bijak," ujar SDA di Jakarta, kemarin (03/11).

SDA juga menambahkan, bahwa alangkah baiknya jika program tersebut ditinjau kembali. Sebab menurut dia, pembagian kondom jika dilihat dari sisi agama manapun merupakan hal yang bertentangan dengan ajaran agama.

"Pembagian kondom seolah-olah melegalisir paham seks bebas. Boleh seks bebas asal pakai kondom, jadi seperti itu kira-kira maksudnya," tutur pria berkacamata itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Persatuan Pembanguan (PPP) itu menekankan untuk berhati-hati dalam mengkampanyekan anti HIV/AIDS, terutama dengan cara pembagian kondom. ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan lembaga terkait mengenai adanya pembagian kondom tersebut

"Ya nanti berkoordinasi, jadi menyelesaikan masalah bukan hanya dari sisi kesehatan, tetapi aspek agama, aspek nilai-nilai sosial juga harus diperhatikan," tandasnya. Selain itu, SDA juga menyarankan agar masyarakat meningkatkan ajaran agama mereka sebagai salah satu upaya mencegah seks bebas.

Sementera itu, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang disebut-sebut sebagai pemrakarsa adanya pembagian kondom gratis ke pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di beberapa kota di Indonesia menampik berita tersebut. Melalui pesat singkat, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes, Murti Utami dengan tegas mengatakan bahwa pekan kondom nasional bukan merupakan program Kemenkes.

"Program pekan kondom adalah kegiatan dari DKT sepengetahuan KPAN (bukan Kemenkes)," ujar dia kemarin.

JAKARTA - Menteri Agama Suryadharma Ali ikut mengkritisi adanya pembagian kondom gratis dalam acara pekan kondom nasional. Menurut pria yang akrab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News