Menag Yaqut: Pemberangkatan Jemaah Umrah Indonesia Jalan Terus

Menag Yaqut: Pemberangkatan Jemaah Umrah Indonesia Jalan Terus
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1). Rapat kerja tersebut membahas soal persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Berita gembira dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk seluruh jemaah umrah Indonesia.

Menag Yaqut menegaskan pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia tidak akan dihentikan. 

Dia juga memastikan bahwa proses keberangkatan jemaah umrah akan tetap menerapkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

“Tidak ada pemberhentian umrah. Pemberangkatan jemaah umrah Indonesia jalan terus," kata Gus Menteri, sapaan akrab Menag Yaqut, dalam rapat kerja Komisi VIII DPR RI, Senin (17/1).

Gus Menteri mengaku telah meminta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah agar keberangkatan jemaah tetap menerapkan one gate policy.

“One gate policy tetap diberlakukan. Jangan kemudian di masing-masing daerah bisa terbang sendiri-sendiri,” sambungnya.

Menurut Menag Yaqut, keberangkatan jemaah umrah tetap berjalan sebab tidak ada undang-undang yang melarang warga negara pegi ke luar negeri, termasuk untuk menjalankan ibadah umrah kalau sudah mendapatkan visa. Kecuali bila yang bersangkutan terkena masalah hukum.

“Jadi, kalau sudah mendapat visa, dia berhak ke luar negeri. Hanya saja, pemerintah berhak melakukan pengaturan,” jelasnya.

Menag Yaqut memastikan pemberangkatan jemaah umrah Indonesia tetap berjalan dan tidak dihentikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News