Menag Yaqut Peringatkan Travel Haji, Jangan Main Curang!

Menag Yaqut Peringatkan Travel Haji, Jangan Main Curang!
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada pengelola travel haji jangan coba-coba berbuat curang kepada calon jemaah haji.

Dia menegaskan tiap travel yang menyelenggarakan ibadah haji tidak sesuai dengan peraturan sudah seharusnya mendapatkan sanksi tegas.

"Travel nakal akan kami berikan sanksi tegas," kata Menag Yaqut seusai menjalankan umrah wajib di Masjidil Haram, Mekah, Senin (4/7) melalui keterangan tertulis.

Pernyataan Menag Yaqut itu merespons adanya 46 warga negara Indonesia yang dipulangkan kembali ke tanah air setibanya di Jeddah karena persoalan visa yang tidak resmi.

Travel yang menurut Menag Yaqut tidak menyelenggarakan sesuai dengan apa yang sudah menjadi peraturan, akan diberikan sanksi paling tegas.

Menurut Gus Yaqut, tiap penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umrah tidak boleh mempermainkan nasib orang, apalagi mereka yang ingin beribadah.

"Mempermainkan keinginan ibadah orang itu dosa besar," tegas Gus Yaqut.

Sebanyak 46 WNI tertahan di Imigrasi Arab Saudi setibanya mereka di Jeddah, Kamis (30/6/) dini hari.

Menag Yaqut Cholil Qoumas memberikan peringatan keras kepada pengelola travel haji maupun umrah jangan coba-coba main curang kepada jemaah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News