Menaker Ida Fauziyah Ungkap Ribuan Alumni Pemagangan Jepang Kini jadi Pengusaha Sukses

Menaker Ida Fauziyah Ungkap Ribuan Alumni Pemagangan Jepang Kini jadi Pengusaha Sukses
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di sela-sela kunjungan kerjanya di Jepang menemui para peserta pemagangan di Kota Narita, Kamis (4/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, NARITA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta peserta pemagangan asal Indonesia mempergunakan kesempatan selama magang di Jepang dengan sebaik-baiknya.

Pesan tersebut disampaikan Menaker Ida Fauziyah saat menemui para peserta pemagangan di sela-sela kunjungan kerjanya di Jepang, Kamis (4/5).

"Niatkanlah dari sekarang bahwa selama mengikuti program pemagangan ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, etos kerja, dan pengalaman untuk bekal dalam mewujudkan cita-cita adik-adik," pesan Menaker Ida Fauziyah.

Menteri kelahiran Mojokerto, Jawa Timur itu menyampaikan dengan mengikuti pemagangan di Jepang, para peserta nantinya mendapatkan keterampilan yang dapat digunakan, baik untuk bekerja di perusahaan maupun untuk berwirausaha.

"Tidak sedikit dari teman-teman yang pernah melakukan pemagangan itu pulangnya jadi juragan, menjadi pengusaha," ungkap alumnus IAIN Sunan Ampel Surabaya itu.

Menaker Ida mengemukakan berdasarkan data Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) terdapat 5 ribu alumni program pemagangan yang sukses menjadi pengusaha.

Menurutnya, jumlah pengusaha sebanyak itu tentunya membantu pemerintah dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan.

"Bahkan ketua IKAPEKSI mampu merekrut tenaga kerja sampai lima ratus orang. Ini sesuatu yang luar biasa karena membantu pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan," ungkapnya. (mrk/jpnn)

Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan kesuksesan para alumni program pemagangan ke Jepang, salah satunya ada yang menjadi pengusaha sukses yang jumlahnya ribuan


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News