Menanggulangi KLB Difteri, Kemenkes Lanjutkan Program ORI

Menanggulangi KLB Difteri, Kemenkes Lanjutkan Program ORI
Menkes Nila Moeloek. Foto: Fandi Permana/JPNN

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melanjutkan program imunisasi ulang atau outbreak response immunization (ORI) untuk menyikapi Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyampaikan hal itu usai mengikuti rapat terbatas Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/12). Rapat tersebut membahas penanggulangan KLB difteri.

“Perintah presiden sudah. Artinya tetap kita lakukan penanganan langkah yang sudah dilakukan, ya ORI. Kita lakukan kebersihan juga. Misalnya kalau ada yang kena, tentu kita semua pakai masker,” ucap Nila.

Menurut Nila, KLB yang ditetapkan pemerintah bukan wabah, tapi sebagai peringatan dini untuk meningkatkan kewaspadaan. Itu sebabnya langkah yang dilakukan pemerintah adalah berupa imunisasi ulang.

“Mau tidak mau kita lakukan sekarang, pusat turun tangan untuk bersama-sama dengan daerah melakukan ORI ini. Penanganannya ya imunisasi, enggak ada yang lain,” tegas dia.

Kemenkes juga telah melakukan pemetaan provinsi terbanyak kasus difteri, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Aceh dan Sumatera Barat. Ada juga daerah yang nihil seperti Papua.

“Pertama Jatim, Jabar juga cukup tinggi, karena populasinya juga banyak,” tambahnya.(fat/jpnn)


KLB yang ditetapkan pemerintah bukan wabah, tapi sebagai peringatan dini untuk meningkatkan kewaspadaan. Itu sebabnya langkah pemerintah adalah imunisasi ulang


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News