Menangkap Rezeki Durian Runtuh Piala Dunia

Dari Jual Celengan hingga Undang Cannavaro

Menangkap Rezeki Durian Runtuh Piala Dunia
Menangkap Rezeki Durian Runtuh Piala Dunia

jpnn.com - PERAYAAN sepak bola akbar Piala Dunia selalu ditunggu masyarakat dunia. Bahkan, seseorang yang bukan pencinta sepak bola sekalipun, bisa tiba-tiba menjadi pencinta sepak bola jika turnamen empat tahun sekali itu berlangsung.

 

Perhitungan asosiasi sepak bola dunia FIFA pasca Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan berakhir menyebutkan, Piala Dunia menciptakan 695 ribu pekerjaan baru, sekitar 5 miliar orang jadi penonton, dengan lebih dari 18 ribu perusahaan media dan 50 ribu wartawan asing melaporkan peristiwa tersebut selama 30 hari terus-menerus.

Pendeknya, Piala Dunia dapat menjadi stimulus perekonomian yang dahsyat. Kehadirannya selalu membawa durian runtuh bagi siapa saja; tuan rumah, peserta, hingga negara yang warganya gila bola seperti Indonesia.

Moleknya keuntungan yang dijanjikan Piala Dunia itu sudah lama diincar PT Visi Media Asia Tbk (VIVA). Perusahaan media milik grup Bakrie ini tak sayang membuka brankas untuk menyetorkan USD 60 juta setara Rp 700 miliar (kurs Rp 11.600) kepada FIFA untuk dapat mengapit hak siar Piala Dunia 2014 di Indonesia.

Direktur Keuangan VIVA Sahid Mahudi mengatakan, dana sebesar itu dinilai perusahaan sebanding dengan potensi keuntungan yang diincar. "Sepak bola adalah olahraga paling digemari masyarakat Indonesia. Olahraga ini tidak mengenal golongan, agama, dan ras, sehingga pasar yang bisa kami garap sangat luas," papar Sahid menjelaskan alasan invetsasi perusahaannya kepada Jawa Pos, Rabu (30/4).

VIVA membagi penggunaan hak siar Piala Dunia 2014 kepada tiga anak perusahaannya, yakni TVOne, ANTV, dan VIVA Plus. Selain strategi on air melalui program TV, sosialisasi dilakukan melalui agenda off air dari satu kota ke kota lain di Indonesia.

"Ada banyak caranya. Bisa kita bikin event off air sendiri, atau memanfaatkan yang ada seperti kita bikin program memanfaatkan car free day atau lainnya," terusnya.

PERAYAAN sepak bola akbar Piala Dunia selalu ditunggu masyarakat dunia. Bahkan, seseorang yang bukan pencinta sepak bola sekalipun, bisa tiba-tiba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News