Menarik Minat Belajar Bahasa Indonesia di Australia Lewat Alat Musik Kendang

Menarik Minat Belajar Bahasa Indonesia di Australia Lewat Alat Musik Kendang
Aktivitas bermain kendang diharapkan bisa menarik minat siswa belajar Bahasa Indonesia. (Koleksi Mimi Thorpe)

Beberapa siswa SMP terlihat antusias menabuh kendang, saat ABC Indonesia berkunjung ke sebuah sekolah di negara bagian Australia Selatan yang beribukota Adelaide.

Awal bulan lalu, Cardijn College menggelar workshop kendang bagi murid-muridnya sekaligus masih dalam suasana merayakan HUT RI.

Mimi Thorpe, guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia.

"Karena untuk belajar bahasa, enggak hanya belajar secara kontennya saja, seperti kata-kata atau kalimat, tapi kita juga fokus untuk mengajarkan kebudayaan," kata Mimi.

"Jadi tahun ini giliran kendang, dan nanti ada juga musik lain dari Indonesia," ujarnya kepada Natasya Salim dari ABC Indonesia.

Helena Sherwood, salah satu siswi yang ikut bermain kendang, mengatakan kegiatan seperti ini sangat menyenangkan baginya.

"Menyenangkan sekali ketika memukul kendangnya, lalu muncul suara yang berbeda," ujar Helena.

"Saya enggak tahu gimana caranya bisa begitu, tapi menurut saya keren banget."

Bermain alat musik tradisional kendang jadi salah satu cara yang dilakukan Cardijn College di Australia Selatan untuk menarik minat anak-anak belajar Bahasa Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News