Mendag Zulhas: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Naik 5,44 Persen, Terbaik di Dunia

Mendag Zulhas: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Naik 5,44 Persen, Terbaik di Dunia
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Instagram resmi Zul.Hasan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, kinerja ekspor Indonesia pada triwulan II tumbuh sangat baik, yaitu sebesar 19,74 persen.

Pencapaian ini menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II, sebesar 5,44 persen year on year (YoY).

“Kinerja ekspor ini menjadi akselerator penopang ekonomi Indonesia pada triwulan II yang tumbuh positif 5,44 persen YoY. Ini merupakan momentum yang perlu kita jaga di tengah kondisi pelemahan ekonomi global dan tekanan inflasi yang meningkat di berbagai negara. Pertumbuhan ekonomi indonesia terbaik di dunia," ujar Mendag Zulhas, Senin, (8/8).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II 2022 ini, lebih tinggi dari capaian triwulan sebelumnya sebesar 5,01 persen (YoY).

Zulhas menuturkan pertumbuhan ekonomi ini bahkan berhasil melampaui beberapa negara mitra dagang seperti Singapura, dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,8 persen, Korea Selatan (2,9 persen), Amerika Serikat (1,6 persen), dan RRT (0,4 persen) pada triwulan II 2022.

Dari kinerja ekspor Indonesia di triwulan II 2022, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), komponen ekspor barang dan jasa mengalami pertumbuhan tertinggi dengan kontribusi mencapai 24,68 persen dari produk domestik bruto (PDB).

"Penguatan ekspor yang tinggi tersebut salah satunya didorong kenaikan harga komoditas dunia akibat konflik Rusia dan Ukraina yang mengakibatkan disrupsi pasokan global serta kenaikan permintaan negara mitra pascapandemi,” imbuh Mendag Zulhas.

Pada triwulan II, ekspor migas Indonesia mencapai USD 4,46 miliar, atau tumbuh 35,17 persen dibandingkan kuartal I 2022.

Pertumbuhan ekonomi ini bahkan berhasil melampaui beberapa negara mitra dagang seperti Singapura, dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,8 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News