Mendagri Tito Ungkap Alasan Pentingnya Pemekaran Papua

Mendagri Tito Ungkap Alasan Pentingnya Pemekaran Papua
Mendagri Tito Karnavian mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan pemekaran Provinsi Papua penting untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di sana.

Hal itu disampaikan Tito Karnavian dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI dan Komite I DPD RI di Gedung Parlemen, Jakarta pada Selasa (21/6).

"Pemekaran ini bertujuan tidak lain untuk mempercepat pembangunan, dan kita semua ingin agar kesejahteraan rakyat Papua, terutama orang asli Papua (OAP) akan meningkat dengan cepat juga dengan adanya pemekaran ini," kata Tito, Selasa (21/6).

Pada kesempatan itu, Tito menjelaskan geografis Papua yang luas dan medan yang sulit menjadi tantangan dalam proses pembangunan.

Selain itu, masalah birokrasi yang panjang juga dinilai kerap menjadi hambatan dalam pembangunan di Papua.

"Dengan dimekarkannya menjadi tiga provinsi ini, diharapkan dapat memperpendek birokrasi dan mempermudah berbagai urusan," lanjut pria kelahiran Palembang itu.

Tito menyebut pemekaran wilayah di beberapa daerah sebelumnya terbukti membuat daerah menjadi lebih mandiri dengan kemampuan fiskal yang memadai untuk melakukan pembangunan, tanpa dana dari pemerintah pusat.

Eks Kapolri itu memberikan contoh daerah otonomi baru (DOB) yang dinilai sukses, seperti Provinsi Sulawesi Tengah.

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan pentingnya pemekaran Provinsi Papua saat rapat dengan Komisi II DPR RI. Simak penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News