Mendes Halim Nilai Nagari Harau Layak Masuk Jejaring Desa Wisata se-ASEAN

Mendes Halim Nilai Nagari Harau Layak Masuk Jejaring Desa Wisata se-ASEAN
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto: Humas Kemendes

jpnn.com, LIMAPULUH KOTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menilai objek wisata di nagari atau Desa Harau memiliki daya tarik khusus, keunikan budaya serta mendukung kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Maka dari itu, potensi wisata dan keindahan alamnya dianggap layak masuk dalam jejaring Desa-desa Wisata se-ASEAN.

"Hari ini saya meresmikan homestay nagari atau Desa Harau ini. Saya lihat panorama alamnya sangat indah. Nanti, saya akan usulkan untuk menjadi salah satu desa yang masuk dalam jejaring desa ASEAN," kata Gus Halim dalam arahannya saat meresmikan Homestay Nagari Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, Jumat (19/5).

Menurut Gus Halim, keindahan alam merupakan daya tarik utama dari objek wisata Lembah Harau ini. Tebing dan bukit yang terjal, lembah yang subur dan indah, serta iklimnya yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat yang satu ini.

Adanya tujuh buah air terjun yang menawan melengkapi kesempurnaan objek wisata nagari Harau.

Maka dari itu, harus didukung dengan program-program yang dapat membuat objek wisata nagari Harau makin dikenal pengunjung domestik maupun intenasional.

“Nanti, kami akan bangun komunikasi. Yang paling menarik bagi kepala desa adalah program kunjungan ke negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand sebagai sesama desa berjejaring di wilayah ASEAN,” imbuhnya.

Di antaranya dengan usulan dari Wali Nagari (Kepala Desa) Harau untuk menjadikan tempatnya sebagai tuan rumah kegiatan peringatan Hari Desa Wisata Nusantara akan diupayakan.

Menurut Gus Halim, keindahan alam merupakan daya tarik utama dari objek wisata Desa Harau ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News