Mendikbud: Gapailah Mimpi Setinggi Langit dengan KIP Kuliah Merdeka

Mendikbud: Gapailah Mimpi Setinggi Langit dengan KIP Kuliah Merdeka
Mendikbud Nadiem Makarim dalam peluncuran KIP kuliah merdeka secara daring. Foto: tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kesembilan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.

Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, beasiswa yang diberikan melalui KIP kuliah bertujuan meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi yang lebih merata dan berkualitas, sehingga visi Presiden Joko Widodo terkait SDM unggul Indonesia segera terwujud. 

"Anak yang berprestasi tetapi kurang mampu bisa mencapai mimpi setinggi-tingginya,” tutur Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode Kesembilan KIP Kuliah Merdeka secara virtual, Jumat (26/3).

Kemendikbud meningkatkan besaran bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah dan biaya hidup yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Nadiem berharap KIP Kuliah makin memerdekakan calon mahasiswa untuk meraih mimpinya.

Kemendikbud mengubah skema KIP Kuliah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan (uang kuliah) dan biaya hidup yang jauh lebih tinggi.

Perubahan ini berlaku untuk mahasiswa baru yang menerima KIP Kuliah pada 2021.

Anggaran yang dialokasikan untuk KIP Kuliah meningkat signifikan dari Rp 1,3 triliun pada 2020, menjadi sebesar Rp 2,5 triliun.

Mendikbud optimistis dengan KIP Kuliah Merdeka anak-anak berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mencapai mimpi setinggi langit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News