Mendikbud Khawatir Ada Penumpang Gelap di Kisruh UI

Mendikbud Khawatir Ada Penumpang Gelap di Kisruh UI
Mendikbud Khawatir Ada Penumpang Gelap di Kisruh UI
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta kepada seluruh masyarakat agar konflik internal yang terjadi di dalam kampus Universitas Indonesia (UI) tidak dibawa ke ranah lain. Pasalnya, konflik UI ini merupakan masalah pendidikan.

Pernyataannya ini terkait dengan laporan sejumlah anggota civitas akademika yang tergabung dalam “save UI” ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa hari lalu. “Kalau dilaporkan ke KPK, saya kira dengan rasa hormat, sebaiknya persoalan UI ini tidak ditarik ke ranah yang lain. Kalau toh ternyata ada penyimpangan, mekanisme internal sudah ada instrument untuk melakukan pengecekan,” kata Nuh saat ditemui di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (30/11).

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya itu menegaskan, seharusnya persoalan internal di UI didekati secara kekeluargaan dan tidak diselesaikan dengan cara yang sembarangan. Apalagi, yang melakukannya tidak terkait langsung dengan komunitas UI.

“Kita kurangi free rider (penumpang gelap). Saya tetap memberikan penghargaan bagi masyarakat yang melakukan penilaian. Tapi, kita jaga kehormatan dan kemualiaan UI itu,” tandas Nuh.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta kepada seluruh masyarakat agar konflik internal yang terjadi di dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News