Mengapa Bu Mega Inginkan para Ibu Perhatikan Anak? Begini Penjelasan Hasto

Mengapa Bu Mega Inginkan para Ibu Perhatikan Anak? Begini Penjelasan Hasto
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama anak-anak muda di Ponorogo, Jawa Timur, melakukan jalan santai di Alun-alun Kota, Minggu (26/3) pagi. Foto: DPP PDIP

jpnn.com, PONOROGO - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan Megawati Soekarnoputri memiliki perhatian serius terhadap gizi dan masa depan anak. Karena itu, Hasto mengatakan Megawati kerap menyuarakan kepada para ibu agar memperhatikan anak-anak mereka.

Hasto menyampaikan Presiden Kelima RI itu terus mendorong kesadaran serta menugaskan jajarannya di partai untuk memberi perhatian pada keluarga Indonesia. Penugasan ini juga wujud bahwa berpolitik bagi PDIP bukan sekadar elektoral semata.

“Beberapa waktu yang lalu, Ibu Megawati menginstruksikan bahwa Tiga Pilar Partai, yakni struktural, eksekutif, legislatif, untuk memberikan perhatian pada keluarga, manajemen keluarga, pendidikan anak,” kata Hasto di hadapan ribuan anak muda yang hadir di acara “Mlaku Bareng” di Alun-alun Ponorogo, Minggu (26/2).

Bagi PDIP, kata Hasto, perhatian dimulai dari memberikan perhatian pada ibu-ibu. PDIP menginginkan ibu yang hamil harus dipersiapkan sebaik-baiknya, untuk mencukupi gizinya.

“Agar dari ibu-ibu dari seluruh Indonesia bisa lahir generasi muda dengan kapasitas otak yang hebat karena kebutuhan gizi, protein yang cukup,” ujarnya.

Politikus asal Yogyakarta itu menganggap persoalan stunting yang dihadapi Indonesia bukan persoalan main-main. Secara nasional, saat ini dari seratus anak Indonesia, 22 terkena stunting. Ketidakcukupan makanan sehat akhirnya membuat 22 dari 100 anak-anak Indonesia menderita kekurangan gizi dengan dampak tubuhnya pendek dan masalah otak.

“Kalau tubuh pendek bisa kita akalin, tetapi ketika kapasitas otaknya tidak menjadi anak yang cerdas, bagaimana Indonesia bisa menjadi bangsa yang hebat ketika dari anak-anak yang lahir bawah usia dua tahun, lima tahun, tidak kita persiapkan dengan baik,” urainya.

Karena itu, lanjut Hasto, Megawati kerap berpesan kepada ibu-ibu untuk memperhatikan gizi anak mereka. Untuk mencukupi gizi itu tidak harus mahal. Semisal, ibu harus diberi pengetahuan mendalam mengenai bahan pangan sekitarnya yang selama ini kurang diperhatikan, seperti daun kelor ternyata menyehatkan karena mengandung vitamin C yang luar biasa.

Keluarga dan para ibu rumah tangga juga harus punya kemampuan dalam memberikan gizi kepada anak-anak mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News