Mengejutkan Jika Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi Sepengetahuan Besan

Mengejutkan Jika Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi Sepengetahuan Besan
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kampanye akbar Prabowo - Sandi. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Dosen ilmu politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam punya pandangan lain soal pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokowi di Istana Rabu lalu (24/4).

Dia menyebut pertemuan itu sebagai tantangan yang dilakukan oleh Zulhas terhadap kuatnya kepemimpinan informal Amien Rais di PAN. Selama Pemilu 2019, Amien memang menjadi orang pertama yang cukup keras berseberangan dengan kubu Jokowi-Ma’ruf.

Itu digambarkan dengan dukungan partainya yang selalu getol ke kubu Prabowo-Sandi. ”Keputusan PAN mendukung Prabowo-Sandi itu kan tak terlepas dari kendali Amien Rais juga,” ucap Umam.

Jadi, manuver Zulhas saat ini dianggap sangat bertentangan dengan Amien. Itu sekaligus membuktikan kecenderungan arah koalisi politik keduanya yang sangat berbeda. Namun, hal tersebut tidak pernah bisa diekspresikan oleh Zulhas.

BACA JUGA: Cerita Saleh Partaonan Daulay Ditelepon Zulkifli Hasan

Sebab, karir politik semua orang yang bertentangan dengan Amien di PAN sudah bisa dipastikan akan tumbang. Contohnya Soetrisno Bachir dan Hatta Rajasa. ”Tapi, kali ini Zulhas adalah besan Amien Rais. Ada political and psychological barrier di sana,” lanjut Umam.

Gerakan itu memang sengaja dilakukan lebih awal. Bahkan sebelum KPU menetapkan siapa yang memimpin di hari pemungutan suara 17 April lalu. Padahal, Umam menambahkan, menurut tradisi selama ini, pindah haluan politik akan dilakukan setelah menunggu penetapan hasil pemilu oleh KPU atau setidaknya sekitar enam bulan hingga setahun pascamunas atau muktamar tiap-tiap parpol.

”Mungkin PAN merasa tidak secure, ya,” celetuk pria yang juga peneliti di Indikator Politik Indonesia tersebut.

Pertemuan Ketum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokowi memunculkan beragam spekulasi, apa yang sesungguhnya terjadi?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News