Mengenal Gayatri Rajapatni: Perempuan Terhormat, Cerdas dan Bijaksana

Oleh Agus Widjajanto SH MH - Praktisi hukum & Pemerhati Sejarah

Mengenal Gayatri Rajapatni: Perempuan Terhormat, Cerdas dan Bijaksana
Praktisi hukum dan pemerhati budaya Agus Widjajanto. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - DI balik sosok penguasa yang hebat, baik itu organisasi masyarakat, organisasi politik hingga sebuah negara, kebanyakan ada perempuan kuat di belakangnya.

Perempuan yang mempunyai karakter dengan pola pikir luas dan cerdik sebagai dinamisator dan stabilisator bagi suaminya yang mendukung kejayaan sang penguasa sebagai pemimpin yang dihormati.

Jika menengok ke belakang, sejarah bangsa ini pernah mencapai kejayaan masa lalu melalui Siklus Cakra Manggilingan, yaitu puncak kejayaan Kerajaan Majapahit yang pernah menyatukan Nusantara atau Wilayah Asia Tenggara dalam satu naungan negara federasi.

Dan, di balik kejayaan itu ada sosok perempuan yang sangat luar biasa sebagai seorang wanita yang mempunyai karakter yang kuat, cerdik, dan bijaksana yang memang dilahirkan sebagai Ibu Bangsa bagi Majapahit saat itu, yaitu Gayatri Rajapatni.

Siklus Cakra Manggilingan sendiri adalah perputaran dalam siklus masa kejayaan dalam kehidupan. Baik bagi perseorangan maupun bagi Sebuah Bangsa.

Indonesia di masa reformasi sekarang ini memerlukan sosok wanita yang bijaksana, lembut dan karakter kuat yang bisa membawa kejayaan bangsa.

Dari belakang layar, ia diharapkan bisa bertindak sebagai pengayom, dinamisator dan stabilisator politik untuk seluruh rakyat. Sebab, sesungguhnya suara rakyat adalah suara tertinggi dalam kaidah sebuah bangsa.

Gayatri Rajapatni, sepeninggal Raden Wijaya Kertarajasa atau Sang Ramawijaya yang merupakan Pendiri Majapahit lebih memilih menjadi biksuni (pendeta ) walaupun tetap sebagai Ratu/Rajapadni.

Gayatri Rajapatni, sepeninggal Raden Wijaya Kertarajasa atau Sang Ramawijaya yang merupakan Pendiri Majapahit lebih memilih menjadi biksuni (pendeta).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News