Mengenal LoA dan Cara Mendapatkan 'Surat Sakti' S2/S3 di Luar Negeri

Mengenal LoA dan Cara Mendapatkan 'Surat Sakti' S2/S3 di Luar Negeri
Mengenal LoA dan Cara Mendapatkan 'Surat Sakti' S2/S3 di Luar Negeri

ABC Australia Plus Indonesia secara berkala menurunkan informasi mengenai cara bagaimana mendapatkan beasiswa untuk belajar ke luar negeri terutama untuk mahasiswa S2 dan S3.  Setelah menulis mengenai cara menulis esai yang efektif, Heru Handika yang sekarang sedang melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Melbourne menjelaskan bagaimana cara mendapatkan surat bukti anda diterima di perguruan tinggi sasaran anda.

LoA singkatan dari Letter of Acceptance, atau terkadang disebut juga Letter of Offer. Surat ini merupakan bukti kita sudah terdaftar di perguruan tinggi tujuan, dalam kasus ini perguruan tinggi luar negeri.

Pada program beasiswa tertentu, LoA ini juga memberikan nilai tambah sehingga peluang mendapatkan beasiswa tersebut lebih besar.

Secara umum, ada dua bentuk LoA: conditional dan unconditional. Jika mendapatkan LoA conditional, berarti masih ada syarat yang harus dipenuhi sebelum bisa diterima di universitas tujuan tersebut. Mengenal LoA dan Cara Mendapatkan 'Surat Sakti' S2/S3 di Luar Negeri
Heru Handika (Foto Titis Tosca)

Kebanyakan yang mendapatkan LoA conditional ini karena masalah skor Bahasa Inggris, atau sertifikat Bahasa Inggris yang digunakan tidak diterima di universitas tersebut, bisa juga disebabkan adanya ujian masuk universitas yang harus dilewati terlebih dahulu, atau masih kurang lengkapnya syarat yang diberikan saat mendaftar. 

Sedangkan LoA unconditional, sesuai namanya, LoA ini menyatakan kita diterima di universitas yang mengeluarkan LoA tersebut tanpa syarat.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan LoA ini? Pada kasus tertentu, ada yang mendapatkan LoA hanya lewat calon pembimbingnya. Walaupun pada dasarnya, calon pembimbing seharusnya hanya bisa memberikan rekomendasi. 

Namun, ada universitas dimana calon pembimbing punya power untuk masalah ini, atau setidaknya pengurusannya dibantu calon pembimbing. Sebagian mendapat LoA lewat bantuan dosen/pembimbing ditempat kuliah sebelumnya. Tetapi, kita berbicara hal umum yang bisa dilakukan siapa saja. Berikut caranya:

ABC Australia Plus Indonesia secara berkala menurunkan informasi mengenai cara bagaimana mendapatkan beasiswa untuk belajar ke luar negeri terutama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News