Mengenal Operasi Jantung Ulang, Begini Penjelasan Dokter Ahli

Mengenal Operasi Jantung Ulang, Begini Penjelasan Dokter Ahli
Ilustrasi operasi jantung oleh dokter ahli. Foto: dok HCC.

jpnn.com - Seorang pasien perempuan berusia 41 tahun datang ke Heartology Cardiovascular Center dengan keluhan yang diduga akibat kebocoran klep jantung.

Penemuan tersebut saat pasien itu melakukan medical check up secara tidak sengaja.

Pasien pun disarankan CT-Scan untuk mengetahui penyebabnya. Hasil CT-Scan memperlihatkan pangkal aorta membengkak dan sudah ada robekan (diseksi) 2,3 cm.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter jantung yang melibatkan subspesialis jantung di bidang ekokardiografi, vaskular serta bedah jantung, disimpulkan bahwa pasien menderita kerusakan katup aorta dan memerlukan penggantian aorta ascendens dan hemiarch.

Kondisi ini disebabkan oleh operasi katup yang dilakukan pasien bertahun-tahun yang lalu. Pasien diputuskan untuk dilakukan operasi perbaikan (rekonstruksi).

Dalam pertemuan media secara daring yang diadakan Heartology Cardiovascular Center, Dokter Dicky Aligheri Wartono, Spesialis Bedah Jantung, Thoraks dan Vaskular mengatakan operasi jantung ulang sangat umum dilakukan.

"Terutama pada pasien yang berumur panjang, karena keberhasilan operasi jantung terdahulu atau karena diperlukan untuk memperbaiki kondisi jantung atau penggantian katup yang mengalami kerusakan," ujar Dokter Dicky.

Operasi jantung ulang yang umum adalah perbaikan katup jantung, operasi bypass, perbaikan aneurisma, atau terjadinya peradangan pada katup jantung.

Operasi jantung ulang atau rekonstruksi merupakan jenis operasi berisiko tinggi, sehingga diperlukan perpaduan keahlian tim dokter multidisplin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News