Mengenal Skema Dana Pensiun Australia yang Sedang Dilirik Indonesia

Mengenal Skema Dana Pensiun Australia yang Sedang Dilirik Indonesia
Dana superannuation di Australia bermanfaat bagi warga maupun sebagai dana investasi besar di dunia bisnis. (ABC News: Nick Haggarty)

Pemerintah Indonesia sedang mempelajari sistem dana pensiun pribadi di Australia yang bemanfaat bagi warga maupun menjadi sumber pendanaan di berbagai proyek bisnis.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sudah menerima masukan soal dana pensiun dari Australia terkait skema pensiunan di sana.

Skema yang dikenal dengan istilah 'superannuation' itu sudah dijalankan puluhan tahun di Australia dan berhasil mengelola dana lebih dari 1 triliun dolar AS.

"Ini merupakan suatu sumber untuk stabilisasi perekonomian yang luar biasa," kata Sri Mulyani, di Kompleks Parlemen DPR Jakarta, beberapa waktu lalu (25/08).

Jadi apa sebenarnya 'superannuation' dan bagaimana pengelolaannya?

Apa itu 'Superannuation'?

Di Australia ada dua uang pensiun yang bisa diterima oleh warga.

Yang pertama adalah pensiun yang dibayarkan oleh negara, sementara yang kedua adalah dana pensiun pribadi yang dikelola oleh sistem yang dikenal dengan nama 'superannuation'.

Dana pensiun pribadi yang juga dikenal dengan istilah 'super', kependekan dari 'superannuation', adalah dana yang dibayarkan oleh perusahaan tempat kita bekerja atau yang kita tabung sendiri.

Pemerintah Indonesia tertarik dengan skema dana pensiun pribadi di Australia atau 'superannuation'

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News