Mengharukan, Mereka Tetap Setia pada Merah Putih

Mengharukan, Mereka Tetap Setia pada Merah Putih
Upacara peringatan HUT RI ke-71 yang digelar di Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Rabu (17/8). Foto: Sulo/Cendrawasih Pos/JPNN.com

jpnn.com - DUSUN Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, letaknya terisolir, berada di kawasan perbatsan RI-PNG. Warga di sana tetap antusias merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71.. 

Yulius Sulo, Merauke   

Dusun Yakyu masuk dalam Kampung Rawa Biru Distrik Sota, Kabupaten Merauke, dihuni 23 kepala keluarga. Dusun ini merupakan salah satu daerah terisolir di Selatan Papua dan berada di perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) yaitu sekitar 1,2 Km dari patok tapal batas RI-PNG.

Tahun lalu menjelang perayaan HUT RI ke-70, di dusun ini terjadi insiden penurunan bendera Merah Putih yang dilakukan oknum tentara PNG. 

Tindakan oknum tentara PNG ini sempat menjadi perhatian pemerintah pusat yang langsung menurunkan tim. 

Untuk mencapai Dusun Yakyu  ini, memerlukan waktu beberapa jam dari Merauke  Dari Merauke ke Kampung Rawa Biru, perjalanan darat ditempuh menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Dari Kampung Rawa Biru, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu ketinting  menyusuri Rawa Biru. Perjalanan menggunakan perahu ketinting dari Kampung Rawa Biru ke Dusun Yakyu memakan waktu 2 sampai 3 jam.

“Daerah ini cukup terisolir, karena untuk sampai ke sini hanya menggunakan perahu ketinting dari Kampung Rawa Biru,’’ kata  Dansatgas  Yonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto, saat  sudah tiba di Dusun Yakyu. 

DUSUN Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, letaknya terisolir, berada di kawasan perbatsan RI-PNG. Warga di sana tetap antusias

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News