Menhub Ajak Masyarakat Beralih Beli Tiket Penyeberangan via Online

Menhub Ajak Masyarakat Beralih Beli Tiket Penyeberangan via Online
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk membeli tiket perjalanan penyeberangan secara daring (elektronik) melalui aplikasi Ferizy yang disiapkan oleh PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) selaku operator penyeberangan.

Langkah itu diminta untuk menghindari terjadinya kepadatan dan kerumunan penumpang di pelabuhan sebagai upaya antisipasi pencegahan penularan Covid-19 dan menjaga kelancaran lalu lintas penyeberangan.

Pada masa libur Nataru tahun ini, selain menjaga keselamatan dan kelancaran pelayanan angkutan massal, Kemenhub fokus pada upaya antisipasi pencegahan penularan Covid-19 untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus Covid-19 usai masa libur.

“Saya mengajak masyarakat yang ingin berpergian menggunakan kapal penyeberangan ASDP dapat memanfaatkan ferizy secara maksimal. Manfaatnya banyak sekali, di antaranya bisa mengurangi kontak fisik dan memberikan kepastian jadwal keberangkatan sehingga penumpang tidak perlu terlalu menunggu lama di Pelabuhan,” tutur Budi.

Menhub mengapresiasi inovasi yang dilakukan PT ASDP yang telah memaksimalkan penggunaan IT melalui sistem pembayaran secara elektronik. Menurutnya persiapan yang dilakukan PT.ASDP di libur natal dan tahun baru ini sudah sangat baik.

Pengguna jasa angkutan penyeberangan diimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik dengan membeli tiket online minimal 2 jam (J-2) sebelum keberangkatan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan di pelabuhan dan percepatan proses integrasi manifest penumpang.

Tidak hanya pada saat keberangkatan, Menhub juga meminta protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan) secara konsisten diterapkan pada saat perjalanan (di dalam kapal penyeberangan) dan pada saat tiba di kedatangan.

Untuk memperlancar penyelenggaraan angkutan penyeberangan pada libur natal dan tahun baru telah disiapkan prasarana dan sarana  pada 11 lintas penyeberangan yaitu sebanyak 218 unit kapal dan 58 dermaga. PT ASDP pada tahun ini juga akan membuka lintas penyeberangan baru yaitu dari Ketapang menuju Lembar pada akhir Desember nanti.

Kemenhub fokus pada upaya antisipasi pencegahan penularan Covid-19 untuk menghindari terjadinya peningkatan kasus Covid-19 usai masa libur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News