Menhub Bahas Kerja Sama Pembangunan LRT dan MRT dengan Korea Selatan

Menhub Bahas Kerja Sama Pembangunan LRT dan MRT dengan Korea Selatan
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Tae Sung Park. Foto: BKIP Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Tae Sung Park, di Jakarta, Senin (14/6).

Pertemuan tersebut membahas peluang kerja sama pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di Bali dan MRT Jakarta fase 4 rute Fatmawati – Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Kami menyambut baik keinginan pihak Korsel untuk terlibat dalam pembangunan kereta api di Bali dan Jakarta,” kata Menhub dalam keterangan persnya, Senin (14/6).

Menhub menjelaskan, pembangunan infrastruktur kereta api di Bali, Pemprov Bali telah bekerja sama dengan Korsel melalui Korea National Railway untuk menyusun kajian prastudi kelayakan (Pre Feasibility Study) mengenai  pembangunan LRT rute Bandara Ngurah Rai – Seminyak sepanjang 9,46 km.

Berdasarkan hasil kajian tersebut, pembangunan LRT tersebut rencananya dibagi menjadi dua fase yaitu, Fase 1-A rute Bandara – Stasiun Central Park sepanjang 5,3 KM dan Fase 1-B rute Stasiun Central Park-Seminyak sepanjang 4,16 km.

Kemudian, Pemprov Bali bersama Korea National Railway masih melakukan kajian terkait rencana pembangunan LRT untuk fase kedua dengan rute Seminyak-Mengwitani.

“Pihak Pemprov Bali telah mengusulkan agar pembiayaan penyusunan studi kelayakan (Feasibility Study) dapat dikerjasamakan dengan pihak Korsel melalui skema hibah," ujar Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, pihak Korsel juga berkeinginan untuk bekerja sama dalam proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 4 rute Fatmawati – TMII.

Menhub Budi Karya Sumadi membahas kerja sama pembangunan LRT dan MRT dengan Dubes Korea Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News