Menhub: Jalur Mudik Tahun ini Bisa Lebih Baik

Menhub: Jalur Mudik Tahun ini Bisa Lebih Baik
Ilustrasi mudik. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, CIKARANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu (13/6) kemarin.

Budi mengatakan jalur mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

"Secara umum di sini dilakukan kegiatan cukup banyak. Korlantas dan Jasa Marga menggunakan contra flow dan juga pengelolaan maksimal menggunakan 17 gardu. InsyaAllah jalur mudik ini bisa lebih baik dari tahun lalu," tutur Budi.

Tidak hanya meninjau arus mudik, Budi juga melakukan koordinasi terkait persiapan arus balik. Dalam arus balik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat yang akan datang diperkirakan titik lelah pemudik ada di KM 108 sampai KM 130.

"Kami identifikasi dari rapat ada kemungkinan titik lelah pemudik di arus balik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat ada di KM 108 sampai 130," jelas Budi.

Untuk mengantisipasi para pemudik yang lelah, di lokasi padat sudah tersedia tiga rest area bagi para pemudik untuk beristirahat. Dan direncanakan akan ditambah dua rest area lagi.

"Jadi rest area lokasi padat ada tiga di KM 186, KM 102 dan KM 130. Kami akan tambah dua lagi. Kami harus menjamin lokasi itu lebih baik. Di mana Kepolisian, Kemenhub dan Jasa Raharja akan meberikan fasilitas di titik tersebut," imbuh dia.

Selain arus mudik melalui jalur darat, Kementerian Perhubungan juga mencatat kinerja baik di arus mudik di sektor lainnya. Tercatat di sektor udara pemudik yang keluar Jakarta meningkat 15 persen dibanding pada 2017. Serta okupansi mudik gratis dengan kapal yang mencapai 90 persen.(chi/jpnn)


Untuk mengantisipasi para pemudik yang lelah, di lokasi padat sudah tersedia tiga rest area bagi para pemudik untuk beristirahat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News