Menhub Sebut Pelatihan untuk Petani Merauke Dukung Program Tol Laut

Menhub Sebut Pelatihan untuk Petani Merauke Dukung Program Tol Laut
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (empat kanan) saat menghadiri kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Pelni (Persero) di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (11/3/2022). Foto: ANTARA/HO-Kemenhub

jpnn.com, SRAGEN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Pelni (Persero), yang mengajak petani milenial di Merauke, Papua, melakukan studi banding tentang produksi pertanian di Kabupaten Sragen, Jateng.

"Saya mengapresiasi PT Pelni yang memiliki ide luar biasa untuk memberikan pelatihan bagi para petani milenial Kabupaten Merauke. Ini upaya sinergisitas kita semua selain memberikan pelatihan langsung untuk meningkatkan produksi pertanian, program ini juga untuk mendukung program Tol Laut," kata Budi Karya dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menhub mengatakan Sragen merupakan salah satu daerah yang memiliki sistem budi daya tanaman padi cukup baik di daerah Jawa Tengah.

Ia juga mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan komoditas yang ada di daerahnya, guna memaksimalkan muatan balik kapal tol laut.

Kata dia, melalui program ini diharapkan anak-anak muda Merauke menerapkan budi daya padi di Papua serta meningkatkan kualitas beras di Merauke.

Selanjutnya, bisa mendistribusikan beras Merauke ke seluruh wilayah Papua termasuk ke Jawa dengan memanfaatkan kapal tol laut.

Sementara itu, Direktur Utama Pelni Tri Andayani menyebut pihaknya mendukung penuh kegiatan studi banding tersebut.

Pihaknya berharap melalui studi banding ini memberikan manfaat kepada para petani saling bertukar informasi dan mendapatkan ilmu yang dapat dimanfaatkan di daerah asalnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kegiatan PT Pelni (Persero), yang mengajak petani milenial Merauke studi banding ke Sragen

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News