Menhut Diminta Konsisten soal Semenanjung Kampar

Terkait Status Lahan Gambut

Menhut Diminta Konsisten soal Semenanjung Kampar
Menhut Diminta Konsisten soal Semenanjung Kampar
JAKARTA - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan diminta untuk konsisten mengenai status lahan gambut yang masih dipermasalahkan di Semenanjung Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, yang dikelola oleh PT RAPP. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan konflik baru di tengah-tengah masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh anggota Komisi IV DPR RI, Wan Abu Bakar, ketika dihubungi JPNN, Jumat (12/2). Wan Abu Bakar mengungkapkan, Menhut harus konsisten terhadap penetapan status lahan gambut di Semenanjung Kampar tersebut, sehingga tak menimbulkan persoalan baru yang justru mempersulit masalah.

"Ketika Menhut menyatakan kalau pengelolaan lahan di daerah tersebut dihentikan dulu untuk sementara, ya, harus diikuti sampai persoalannya selesai. Jangan sampai Menhut membiarkan kembali perusahaan tersebut beroperasi (lagi). Kalau ini yang terjadi, berarti Menhut tidak konsisten dengan pernyataannya," ujarnya.

Disebutkan oleh politisi dari F-PPP ini, seperti diketahui, beberapa waktu lalu lahan gambut ini dipermasalahkan oleh sejumlah LSM lingkungan hidup, di mana gambutnya diduga mencapai ketebalan lebih dari tiga meter. Pada saat itu katanya, Menhut meminta kepada pihak perusahaan agar tidak beroperasi dulu, sebelum ada hasil peninjauan kembali dari pihak Dephut.

JAKARTA - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan diminta untuk konsisten mengenai status lahan gambut yang masih dipermasalahkan di Semenanjung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News