Menjelang Pilpres 2024, Erick Thohir Lebih Banyak Dipilih Dibandingkan Sandiaga Uno

Menjelang Pilpres 2024, Erick Thohir Lebih Banyak Dipilih Dibandingkan Sandiaga Uno
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir disebut sebagai sosok yang banyak dipilih masyarakat menjelang Pilpres 2024 dibandingkan Menparekraf Sandiaga Uno, sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hal itu merujuk pada survei Political Weather Station (PWS) periode 13 – 20 Agustus 2023.
Dalam hasil survei tersebut, Erick Thohir mengumpulkan dukungan 14,5 persen, jauh lebih tinggi dari Sandiaga Uno yang memperoleh 11,8 persen.

Pengamat politik Universitas Indonesia Meidi Kosandi mengatakan Erick Thohir makin banyak dipilih dan didukung oleh rakyat Indonesia dibandingkan Sandiaga Uno.

“Saya kira kalau dilihat dari survei yang ada kecenderungannya ya pemilih atau elektabilitas dari Erick Thohir ya di beberapa survei itu lebih tinggi ya daripada Sandiaga Uno,” kata Meidi dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8).

Kendati demikian, Meidi melanjutkan, ada variabel-variabel lain yang turut memengaruhi keterpilihan cawapres mendatang.

Menurutnya, hal itu tidak lain bisa dipengaruhi dari siapa capres yang akan mengajaknya untuk berpasangan.
“Akan tetapi, sekali lagi siapa yang akan terpilih saya kira lebih banyak dipengaruhi oleh siapa capresnya,” terang Meidi.

Terakhir, Meidi mengungkapkan ada beberapa kelebihan yang dimiliki Erick Thohir menjelang Pilpres 2024. Salah satu yang paling menonjol adalah kepemilikan logistik ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu yang bisa memiliki pengaruh besar dan bisa ditawarkan kepada sosok capres yang akan berpasangan dengannya.

“Saya kira dari segi logistik ya karena tentu untuk memenangkan pemilhan di Indonesia yang sangat luas dengan basis pemilih yang bervariasi itu biaya untuk pemilu tidak sedikit, saya kira Erick Thohir memiliki pengaruh dalam hal itu yang bisa ditawarkan kepada capres,” ujar Meidi. (boy/jpnn)

Erick Thohir disebut sebagai sosok yang banyak dipilih masyarakat menjelang Pilpres 2024 dibandingkan Sandiaga Uno


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News