Menjelang Ramadan, Srikandi Ganjar Sumut Bersama Ikatan Remaja Masjid Bersihkan Makam

Menjelang Ramadan, Srikandi Ganjar Sumut Bersama Ikatan Remaja Masjid Bersihkan Makam
Sukarelawan Srikandi Ganjar berkolaborasi dengan Ikatan Remaja Mesjid Baitul Makmur mengajak umat muslim di Kabupaten Deli Serdang, untuk bersih-bersih makam di Desa Sugiharjo, Kecamatan Batanf Huis, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (5/3). Foto dok Srikandi Ganjar

jpnn.com, DELI SERDANG - Sukarelawan Srikandi Ganjar berkolaborasi dengan Ikatan Remaja Mesjid Baitul Makmur mengajak umat muslim di Kabupaten Deli Serdang, untuk bersih-bersih makam di Desa Sugiharjo, Kecamatan Batanf Huis, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (5/3).

Koordinator Wilayah (Korwil) Srikandi Ganjar Sumatera Utara (Sumut), Firda Annisa Sirait menjelaskan kegiatan tersebut sebagai wujud rasa syukur.

"Kami bersama puluhan remaja lainnya melakukan kegiatan aksi sosial bersih-bersih di makam. Sebetulnya kegiatan tersebut rutin dilakukan para warga setempat menjelang Ramadan, kami coba membantu supaya ketika mereka ke sini area makamnya sudah nyaman dan rapih," ujar Firda.

Aksi gotong royong tersebut cukup antusias diikuti para pemuda, tak sedikit para warga sekitar ikut membantu membersihkan makam tersebut dengan peralatan sederhana.

"Mereka tampak guyub dan seolah-olah sudah tahu tugasnya masing-masing. Ada yang memotomg rumput, membersihkan dan merapikan tanaman liar, bahkan memungut sampah di areal TPU," lanjutnya.

Sebagai informasi, kegiatan bersih-bersih makam sebetulnya sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia berbarengan dengan tradisi ziarah kubur.

Masyarakat biasanya berdatangan ke makam untuk berdoa dan membersihkan makam leluhur mereka.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan tabur bunga kepada makam para warga leluhur wilayah setempat.

Srikandi Ganjar juga memberikan pengeras suara untuk menunjang aktifitas remaja dalam melakukan kegiatan Ramadan nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News