Menkes Budi Gunadi Beberkan Alasan Insentif Nakes Bulan Desember Belum Cair

Menkes Budi Gunadi Beberkan Alasan Insentif Nakes Bulan Desember Belum Cair
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Tangkapan layar/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan alasan penyaluran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang hingga saat ini belum juga cair.

Menkes mengungkapkan hal tersebut dalam rapat kerja bersama Komisi IX di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/2).

"Kami ingin sampaikan bahwa insentif nakes itu semua sudah dibayar sampai bulan November 2020. Kenapa yang Desember belum di bayar? Kkarena penagihannya diajukan satu bulan sesudahnya," ujar Budi.

Budi menjelaskan, penyaluran insentif nakes pada bulan Desember tertunda karena menunggu pencairan anggaran 2021.

"Jadi untuk tagihan bulan November itu diajukan di bulan Desember, kemudian diproses di Desember dan kemudian dibayar," kata Budi.

"Untuk di bulan Desember karena diajukannya di bulan Januari 2021, jadi kami masih menunggu anggaran di tahun 2021 untuk membayarkannya," sambungnya.

Budi mengaku sudah menyampaikan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkue) untuk mempercepat pembayaran insentif nakes yang masih belum terselesaikan hingga saat ini.

"Saya sudah sampaikan juga ke Ibu Menkue bisa dipercepat agar kita bisa membayarkan untuk bulan Desember," ungkapnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan alasan penyaluran insentif tenaga kesehatan (nakes) yang hingga saat ini belum juga cair.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News