Menkes Ungkap Penyebab Kasus Gagal Ginjal pada Anak, Ini Langkah Selanjutnya

Menkes Ungkap Penyebab Kasus Gagal Ginjal pada Anak, Ini Langkah Selanjutnya
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan kasus gagal ginjal yang melanda 245 anak di sejumlah daerah disebabkan oleh zat kimia yang ada di dalam pelarut obat-obatan yang dikonsumsi oleh para pasien.

Hal tersebut disimpulkannya berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dengan sejumlah pihak terkait.

Budi mengungkapkan hal tersebut seusai mengikuti rapat internal bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin (24/10).

"Jadi, berdasarkan rilis dari WHO, adanya zat kimia di pasien, bukti biopsi yang menunjukkan kerusakan ginjalnya karena zat kimia ini, dan keempat adanya zat kimia ini di obat-obatan yang ada di rumah pasien, kami menyimpulkan benar penyebabnya adalah obat-obat kimia yang merupakan cemaran dari pelarut ini," ujar dia.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, Kementerian Kesehatan pun telah melakukan sejumlah langkah konservatif.

Salah satunya dengan menutup sekitar 1.100 obat-obatan yang mengandung pelarut seraya menunggu hasil penelitan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami akan keluarkan surat untuk rilis. Jadi, ada 133 atau 150-an obat-obatan yang memang pelarutnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya," ungkap Budi. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Berdasarkan hasil analisis, Kementerian Kesehatan pun telah melakukan sejumlah langkah konservatif.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News