Menko Airlangga Apresiasi Akreditasi IABEE/PII Oleh Washington Accord

Menko Airlangga Apresiasi Akreditasi IABEE/PII Oleh Washington Accord
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi akreditasi yang dicapai IABEE/PII oleh Washington Accord. Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi akreditasi yang dicapai Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) yang merupakan Badan Tetap dalam organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Dalam sidang tahunan International Engineering Alliance Meeting yang digelar di Taichung, Taiwan, 11-15 Juni 2023, PII/IABEE dikukuhkan dan diakui kesetaraan substansialnya oleh Washington Accord.

"Capaian ini merupakan milestone yang luar biasa bagi para insinyur Indonesia."

"Dengan adanya pengakuan ini, SDM Indonesia diakui dan mampu bersaing di kancah internasional."

"Karena sarjana bidang keteknikan yang sudah mendapatkan sertifikasi profesi insinyur dari PII/IABEE, substantial equivalent dengan negara-negara anggota Washington Accord lainnya,” ujar Airlangga dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (15/6).

Washington Accord mengukuhkan secara aklamasi status Full Signatory bagi PII/IABEE dengan hak keanggotaan penuh dan pengakuan kesetaraan substansial (substantial equivalent) yang berlaku secara retroaktif sejak 2021.

Dengan pengukuhan ini, maka sarjana yang dihasilkan oleh program studi yang terakreditasi oleh IABEE mulai 2021 diakui substantially equivalent dengan lulusan program studi yang diakreditasi oleh negara anggota Washington Accord lainnya, dalam memenuhi persyaratan untuk mempersiapkan lulusan memasuki praktik keinsinyuran.

Dengan kata lain, lulusan dari suatu program terakreditasi di salah satu negara penandatangannya akan diakui memenuhi syarat dan kriteria akademis yang setara dengan negara-negara penandatangan lainnya.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartartto mengapresiasi akreditasi yang dicapai IABEE/PII oleh Washington Accord.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News