Menko Airlangga Beberkan Berbagai Upaya Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Menko Airlangga Beberkan Berbagai Upaya Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Petani
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Foto: Kemenko Perekonomian.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani.

Hal ini sangat penting di tengah langkah pemerintah menjadikan ketahanan pangan sebagai salah satu aspek utama dalam agenda pembangunan nasional 2022-2024.

Pemerintah memprioritaskan program peningkatan ketersediaan, akses serta kualitas konsumsi pangan.

Sebab, ketersediaan pangan yang memadai sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa, apalagi di tengah ketidakpastian global akibat dampak pandemi Covid-19, eskalasi geopolitik, hingga perubahan iklim saat ini.

Menurut Airlangga, peran aktif dan tanggung jawab berbagai pihak juga diperlukan untuk dapat meningkatkan produksi sektor pertanian.

Dengan demikian ancaman krisis pangan global dapat teratasi, termasuk dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal.

Menko Airlangga menyatakan hal tersebut saat membuka Pekan Nasional (PENAS) Petani-Nelayan XVI-2023 secara virtual dari Jakarta, Sabtu (10/6).

"Pemerintah harus terus mengambil langkah-langkah konkret dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional dengan cara meningkatkan produksi dan memasifkan konsumsi pangan lokal serta mengenalkan ke negara lain sebagai komoditas ekspor,” ujar Airlangga.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News