Menko Airlangga Optimistis Inklusi Keuangan Indonesia Capai 90 Persen di 2024

Menko Airlangga Optimistis Inklusi Keuangan Indonesia Capai 90 Persen di 2024
Presiden Jokowi berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis target inklusi keuangan nasional bisa mencapai 90 persen pada 2024 mendatang.

Sebelumnya pada tahun lalu tingkat inklusi keuangan mencapai 76,19 persen.

"Hal ini sejalan dengan target dan arahan presiden bahwa pada 2024 inklusi keuangan Indonesia  bisa mencapai 90%. Diperlukan 6 poin kunci dalam implementasinya sebagai strategi nasional menuju keuangan yang inklusif," kata Menko Airlangga dalam Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah secara virtual, Kamis (10/12/2020).

Adapun, enam poin tersebut antara lain peningkatan nasional inklusi keuangan dan perlindungan konsumen, perluasan pembukaan rekening, mempercepat sertifikasi hak properti masyarakat yang bisa dijadikan agunan, optimalisasi dalam layanan agen bank atau titik layanan nonbank.

Di samping itu, ada juga peningkatan layanan keuangan digital dan transaksi nontunai, serta penguatan monitoring dan evaluasi (Monev) keuangan inklusif.

Selanjutnya, sasaran strategi nasional keuangan inklusif mencakup semua segmen masyarakat dengan fokus pada masyarakat berpendapatan rendah dan lima masyarakat lintas kelompok serta pelaku usaha mikro dan kecil.

Upaya peningkatan inklusi keuangan ini sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh TPAKD dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

“Sasaran SNKI sendiri mencakup semua segmen masyarakat, dengan berfokus pada masyarakat berpendapat rendah, lima masyarakat lintas kelompok, serta pelaku usaha mikro dan kecil (UMK),” jelas Menko Airlangga.

Sasaran strategi nasional keuangan inklusif mencakup semua segmen masyarakat dengan fokus pada masyarakat berpendapatan rendah dan lima masyarakat lintas kelompok serta pelaku usaha mikro dan kecil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News