Menko Airlangga Tegaskan Indonesia Siap Usung Proyek 'Lighthouse' di ASEAN

Menko Airlangga Tegaskan Indonesia Siap Usung Proyek 'Lighthouse' di ASEAN
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat hadir dalam pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, PHNOM PENH - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengangkat revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital sebagai isu penting dalam rangkaian pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11).

Menko Airlangga dalam pertemuan tersebut menyampaikan beberapa perusahaan multinasional di Indonesia telah ditunjuk sebagai percontohan global lighthouse di World Economic Forum (WEF).

“Indonesia siap mengusung sejumlah lighthouse projects sebagai wujud konkret dalam implementasi revolusi industri 4.0 secara inklusif di ASEAN,” kata Menko Airlangga.

Lebih lanjut Menko Airlangga mengatakan pada tataran bilateral, Indonesia telah mengimplementasikan kerja sama pembayaran digital quick response (QR) code lintas negara.

“Indonesia akan terus memajukan agenda pemulihan dan integrasi ekonomi ASEAN di tengah arus transformasi digital, terutama dalam integrasi sektor keuangan,” ujarnya.

Adopsi kode QR semakin berkembang tidak terbatas sebagai metode pembayaran tetapi juga digunakan secara luas, misalnya pelacakan status kesehatan.

Ke depan, ASEAN didorong untuk memanfaatkan fasilitasi teknologi kode QR secara menyeluruh di kawasan.

Berkaitan dengan penyelesaian ASEAN Digital Economic Framework (DEFA), Indonesia mendukung penuh implementasinya di tahun depan.

Indonesia siap mengusung sejumlah proyek 'lighthouse' sebagai wujud konkret dalam implementasi revolusi industri 4.0 secara inklusif di ASEAN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News