Menko Airlangga Ungkap Strategi Penguatan Ekonomi Indonesia Sudah di Jalur yang Benar

Menko Airlangga Ungkap Strategi Penguatan Ekonomi Indonesia Sudah di Jalur yang Benar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan paparan di acara Investor Daily Round Table yang bertema 'Tantangan Ekonomi di Tahun Politik' di Cirebon, Jawa Barat pada Rabu (24/1). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, CIREBON - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan Indonesia memiliki fondasi ekonomi yang kuat dan mampu menghadapi ketidakstabilan kondisi geopolitik dan ekonomi global saat ini.

Dia menyebutkan perekonomian Indonesia tumbuh positif 4,94 persen (yoy) atau 5,05 persen (ctc) pada kuartal ketiga 2023 dengan tingkat inflasi yang masih terkendali dalam kisaran sasaran 3,0±1 persen, yakni sebesar 2,61 persen (yoy) pada Desember 2023.

Neraca perdagangan Indonesia juga kembali mencatatkan surplus pada Desember 2023 dengan nilai yang mencapai USD 3,31 miliar.

Angka tersebut kembali melanjutkan tren surplus sejak Mei 2020 atau telah berlangsung selama 44 bulan berturut-turut.

Bahkan, untuk pertama kalinya sejak 2008, tercipta surplus dengan Tiongkok, yakni sebesar USD 2,06 miliar pada 2023.

Menko Airlangga juga mengatakan kinerja ekspor sepanjang tahun 2023 mampu mencetak USD 258,82 miliar dan masih lebih tinggi dari nilai impor yang sebesar USD 221,89 miliar.

“Dengan demikian sebetulnya langkah-langkah makro yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah berada dalam track yang benar," ujar Menko Airlangga dalam keterangannya yang diterima, Jumat (26/1).

Menko Airlangga mengungkapkan di tengah berbagai tekanan dan ketidakpstian global dan pascapandemi Covid-19, Indonesia telah masuk negara menengah atas (upper middle income country).

Menko Airlangga memaparkan strategi penguatan ekonomi Indonesia ekonomi di acara Investor Daily Round Table, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News