Menko Luhut Sampaikan Kabar Gembira Kepada Presiden Jokowi

Menko Luhut Sampaikan Kabar Gembira Kepada Presiden Jokowi
Luhut Binsar Pandjaitan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih terkendali.

Dia menjelaskan kasus konfirmasi Covid-19 saat ini masih dalam kondisi rendah. Jumlah kasus di Jawa dan Bali mengalami penurunan hingga 99 persen dari puncaknya kasus pada 15 Juli 2021 lalu.

Luhut menjelaskan terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia diindikasikan oleh angka reproduksi efektif (Rt) yang berada di bawah satu.

"Rt di Jawa tetap pada angka 0,93, sementara di Bali pada angka 0,97," kata Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (8/11).

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali itu juga mengungkapkan tingkat kematian di Indonesia juga sudah menurun.

Dengan begitu, lanjut Luhut, jumlah pemakaman saat ini sudah sama dengan jumlah sebelum pandemi Covid-19.

"Jadi, sebenarnya kalau kita lihat dari semua sisi, rumah sakit, juga tempat pemakaman, semua menunjukkan angka yang bagus," ujar dia.

Meski begitu, Luhut Binsar menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo untuk tetap waspada dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan kabar gembira kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News