Menko Muhadjir Cek Kampung Kumuh di Bogor, Ternyata Ada Warga yang Belum

Menko Muhadjir Cek Kampung Kumuh di Bogor, Ternyata Ada Warga yang Belum
Menko PMK Muhadjir Effendy di perkampungan kumuh di Bogor. Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, BOGOR - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengunjungi salah satu daerah kantong kemiskinan ekstrem di Kampung Bongol kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat pada Minggu (24/4).

Dalam kunjungannya ini, Menko Muhadjir didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya mendatangi beberapa rumah warga untuk memastikan penyaluran bansos telah dilakukan secara merata di wilayah tersebut.

Saat kunjungan tersebut, Menko Muhadjir menemukan masih banyak warga Kampung Bongol yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah padahal mereka layak untuk menerimanya.

"Kampung Bongol ini merupakan daerah slum atau kampung kumuh tempat konsentrasi kemiskinan ekstrem tetap masih banyak warganya yang belum mendapatkan bantuan sosial," tutur Muhadjir.

Menko Muhadjir memastikan akan terus berkoordinasi dengan Wali Kota Bogor untuk perbaikan penyaluran bansos agar tepat sasaran kepada warga yang berhak menerimanya dan menata kembali rumah tinggal di kampung tersebut.

"Kemudian kami akan coba berkoordinasi dengan Pemkot Bogor dan Kemensos untuk pemerataan penyaluran bansos lalu dengan Kementerian PUPR untuk diadakan semacam penataan rumah tinggal di tempat ini," sambungnya.

Selain penyaluran bansos, menurut Muhadjir, perlu juga dilakukan pemberdayaan masyarakatnya supaya bisa hidup dengan mandiri sehingga ke depannya dapat keluar dari zona kemiskinan ekstrem.

"Karena masyarakat di sini tidak memiliki pekerjaan tetap dan otomatis tidak cukup hanya diberi bansos tanpa ada upaya dari mereka untuk bisa hidup mandiri, maka dari itu nantinya Pak Wali akan bertanggung jawab untuk menjaga kesinambungan terutama berkaitan dengan pemberdayaan manusia di sini," ungkapnya.

Menko Muhadjir Effendy memastikan akan terus berkoordinasi dengan Wali Kota Bogor untuk perbaikan penyaluran bansos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News